Laman

Minggu, 12 April 2015

Mengenai Gejala Tifus

Tifus merupakan penyakit yang sering menimpa masyarakat yang ada di manapun. Tifus merupakan masalah kesehatan yang sangat serius, berikut beberapa gejala tifus yang dipaparkan situs Lifobuoy.co.id.

Gejala tifus sering ditandai dengan demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius. Demam tersebut juga bisa disertai dengan sakit kepala atau gangguan sistem pencernaan, seperti konstipasi.

Apa itu penyakit tifus? Tifus adalah penyakit yang umumnya ditandai dengan demam tinggi. Demam tinggi ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang bernama Salmonella typhi. Bila Anda ataupun anggota keluarga lainnya mengalami demam tinggi, maka dianjurkan untuk lebih waspada.

Demam tinggi sekitar 40 O Celsius merupakan satu dari beberapa gejala tifus. Gejala tifus lainnya adalah kehilangan nafsu makan dan sakit kepala. Terkadang sistem pencernaan pun terganggu, sehingga penderita mengalami sakit perut, konstipasi, ataupun diare. Hal ini dikarenakan bakteri tersebut telah menyebar hingga ke aliran darah yang bisa mengganggu organ tubuh lainnya seperti sistem pencernaan. Umumnya pemeriksaan penyakit tifus dilakukan dengan mengambil sample dari feses atau darah. Gejala tifus dapat berlangsung cukup lama yaitu sekitar 3 sampai dengan 4 minggu.

Tifus sering disebabkan oleh kurang bersihnya air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Contohnya adalah ketika seseorang mengkonsumsi air yang mengandung bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut bisa dengan mudah menyerang tubuh hingga terjadi infeksi. Terlebih lagi, ia pun secara tak langsung bisa menularkan penyakit ini ke lingkungan sekitarnya melalui feses. Kotoran yang mengandung bakteri bisa menempel dimana saja, termasuk sarana umum. Bila Anda menyentuh benda yang terkontaminasi bakteri ini dan tidak mencuci tangan sebelum menyentuh makanan, maka risiko terkena tipes sangat tinggi.

Masalah kesehatan ini bisa menyerang siapa saja termasuk Anda dan keluarga. Maka dari itu, setiap orang ada baiknya memiliki lingkungan yang bersih dan melakukan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan pakai sabun setiap hari. Sayangnya, tak semua saudara sebangsa memiliki keberuntungan yang sama. Contohnya, para penduduk di Desa Bitobe, NTT yang masih membutuhkan fasilitas air yang lebih baik.

Sumber Berita:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar